KangSoem.blogspot

TERIAKAN DI BELANTARA HAMPA

TRANSLATOR
English French German Spain Italian

Dutch Russian Portuguese Japanese Korean

Arabic Chinese Simplified
LABEL
> Technorati Profile
> SOSIAL
> HUMAS
> PENYEJUK IMAN
> PENGETAHUAN
BLOGROLL
TIP'S BLOGGER



VIDEO PILIHAN
PENDIDIKAN GRATIS GERINDRA
TRAGEDI QUEN DAY BELANDA
HEBATNYA PONARI
LINK KANGSOEM
- ABANG ANDI
- FREEWEB MASUKISWAY
- BELGEDES
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Subscribe in NewsGator Online


Powered by  MyPagerank.Net
KOMITMEN & KONSISTEN
14 September 2008
Berupaya eksis menjadi diri sendiri dalam perubahan global

Perubahan global yang telah terjadi pada kehidupan akhir-akhir ini, mulai dirasakan oleh para praktisi perekonomian maupun kehidupan bersosial masyarakat.
Kebutuhan akan kehidupan yang sejahtera dan impian-impian yang memaksa seseorang untuk menghalalkan segala cara, mulai ditempuh untuk mencapai keinginan dengan cara yang instan.
Idealisme yang dulu begitu dijunjung tinggi, mulai berangsur luntur dan telah mencair karena tuntutan hidup yang semakin keras.
Hal ini, disebabkan oleh ketidak puasan akan sistem yang mulai menginjak-injak tata krama dan etika bersosial.
Seseorang yang telah bekerja dengan taat aturan, disiplin dan loyalitas tinggi terasa kosong dan tidak dihargai oleh sistem. Sehingga jenjang karier yang diharapkan makin menjauh dan tidak sesuai harapan.
Etika sosial yang seharusnya dijunjung untuk menghindari konflik kepentingan, kini mulai menyeruak akibat kepentingan kelompok-kelompok yang justru merusak sistem itu sendiri.
Sebagai contoh; sebuah departemen yang didalamnya terdiri dari “orang-orang kuat”, berusaha agar orang-orang disekelilingnya dapat menduduki kursi-kursi manajer yang seharusnya diperuntukkan bagi karyawan yang telah menyiapkan dirinya secara skill dan mental.
Hal inilah yang mengakibatkan banyak karyawan dalam departemen lain mulai merasa tersingkirkan, dan tidak dihargai kerja kerasnya. Dampak secara luas dari keputusan seperti ini akan menjadikan kelompok orang-orang yang tidak puas menjadi sebuah oposisi dalam sebuah organisasi.
Memposisikan menjadi oposisi dalam organisasi, akan memiliki dampak yang kurang baik bagi perjalanan organisasi itu sendiri dan yang lebih parah, kelompok orang-orang tersebut akan semakin suram jenjang kariernya.

MENJADI DIRI SENDIRI
Hal seperti diatas tentunya menjadi pilihan yang sulit bagi seseorang yang masih memiliki semangat untuk memperbaiki kondisinya. Tetap memiliki semangat kerja dan loyalitas terhadap tugas yang diembannya, sementara sistem dan kelompok orang-orang kuat masih bercokol ditampuk pimpinan (pembuat sistem), semakin menjadikan dirinya kerdil.
Namun, bagi individu yang tetap komitmen dan memiliki konsistensi berfikir dan bersikap, hal ini akan dirasakan sebagai sebuah proses pematangan untuk mencapai keinginannya.
Tapi... akan berapa lama hal ini berlangsung?
Ibarat seorang anak kecil yang akan memulai hari pertamanya masuk sekolah, apabila pada malam harinya dia sudah memimpikan untuk segera masuk sekolah, maka jam yang ditunggunya akan terasa lama. Tapi bagi individu yang tetap berorientasi proses, hal ini akan dijalaninya sebagai sebuah rutinitas.
Kelompok atau pemegang tampuk pimpinan akan merasakan bahwa seseorang dengan komitmennya serta konsistensinya bertindak lambat laun akan diperhatikan.

BERFIKIR KREATIF
Sejalan dengan sikap menjadi diri sendiri, hal yang cukup penting agar seseorang akan diperhatikan oleh yang lain, seorang individu harus pula berfikir kreatif dan mengembangkan dirinya agar dapat memiliki nilai lebih dibanding yang lainnya.
Bagaimana caranya?
Tetaplah berfikir bahwa pengembangan diri tidak hanya melulu didapat dari lingkungan kerja saja, namun memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada, mencari sumber keilmuan lain yang mendukung kinerja, dan mengaplikasikan dalam rutintas, akan dapat menghasilkan nilai lebih bagi diri sendiri.

Label:

posted by kang soem @ 19.47  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
KANGSOEM

ARTIKEL
SIMPANAN
Powered by

BLOGGER


© 2008 KangSoem.blogspot Blogspot Template by Isnaini Dot Com